• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Cara Ngembangin Minat dan Bakat Supaya Lebih Bermanfaat

5 Cara Ngembangin Minat dan Bakat Supaya Lebih Bermanfaat

Kalau diasah, minat dan bakat yang tersimpan dalam diri bisa jadi sesuatu yang bermanfaat lho! Ini dia cara ngembanginnya.

Mulai dari main alat musik, menjahit, atau bahkan nge-dance, adalah sederet minat dan bakat yang mungkin ada dalam diri kamu. Biasanya, seseorang hanya menganggapnya sebagai hobi dan dilakukan kalau iseng aja. Padahal, kalau kamu punya banyak waktu luang dan mau mengasah minat dan bakat kamu itu, bisa jadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa jadi suatu pekerjaan yang menghasilkan, atau bahkan bisa berguna buat orang-orang di sekelilingmu.

Asyik bukan? Makanya, kamu perlu banget buat ngembangin bakat terpendam kamu itu. Caranya? Ikuti 5 langkah berikut ini:

Ikut Kursus

Poin_1

Ini dia cara yang paling ampuh buat ngembangin bakat kamu. Yang umum memang ada kelas kursus reguler dengan jangka waktu tertentu. Namun, sekarang ini banyak banget organisasi-organisasi yang ngadain kursus kilat atau one day course yang dibuka untuk umum. Jadi, cocok buat kamu yang waktunya padat karena kamu bisa lebih leluasa memilih mau ikut yang mana. Dengan ikut kursus ini, bukan hanya skill yang bakal nambah, tapi juga pengetahuan dan koneksi tentu bakal jadi bekal yang bisa kamu bawa pulang.

Cari Komunitas

Poin_2

Kalau kamu lebih senang pertemuan yang lebih kasual dan santai, kamu tinggal ikut komunitas. Umumnya pertemuan komunitas pun di luar jam kerja atau bahkan pas akhir pekan, dan nggak memakan biaya tertentu untuk bergabung. Sama halnya dengan kursus, dalam komunitas kamu bisa bertukar ilmu dan juga menambah koneksi. Siapa tahu tawaran job atau pekerjaan, malah datang dari teman sesama komunitasmu.

Baca juga: 5 Organisasi Lokal yang Keren dan Bisa Jadi Inspirasi

Bikin Ruang Hobi

Poin_3

Selain membuka wawasan dan kesempatan di dunia luar, nggak ada salahnya kamu bikin wadah juga di rumah sendiri. Kamu bisa “relakan” salah satu spot di ruang kamu untuk didesain jadi ruang hobi. Kamu tinggal tambahkan furnitur dan benda-benda pendukungnya. Atau kalau memungkinkan, sulap salah satu ruangan di rumahmu. Siapa tahu ruangan ini malahan bisa berkembang jadi base camp buat teman-teman komunitas berkumpul. Seru kan?

Contek Orang Asing

453173611

Yang namanya mencontek sah saja, karena bisa buat inspirasi dan tantangan dalam kamu ngembangin diri sendiri. Nah biar lebih aman, intip atau carilah inspirasi dari orang-orang asing. Misal kamu suka nge-dance, contek koreografi para dancer Amerika yang bikin kita tergila-gila. Atau kalau kamu sukanya bikin kue, di media sosial udah banyak banget contekan menu yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa, apapun hasilnya, kamu share di Youtube atau media sosial. Siapa tahu, suatu hari malah hasil karyamu yang dicontek orang.

Berani “Jual Diri”

Poin_5

Ini dia hal yang paling penting yang setiap orang harus miliki. Dalam ngembangin minat dan bakat, kamu perlu banget keberanian buat “menjual diri”. Baik sifatnya jasa, atau pun menghasilkan karya, kamu nggak boleh malu dan ragu-ragu buat menunjukkan ke orang lain. Karena dari situlah kamu bakal lebih diapresiasi dan bahkan suatu hari nanti, bakal dinilai dengan cara lain (misalnya diberi bayaran atau penghargaan). Promosikan jasa kamu mulai dari mulut ke mulut, hingga yang paling gampang, lewat media sosial.

Senang bukan, kalau kamu bisa jadikan minat atau hobi kamu jadi sebuah hal yang lebih bermanfaat?

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia