• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Cara Bikin Kamar Tidur Terasa Lebih Lapang dan Lega

5 Cara Bikin Kamar Tidur Terasa Lebih Lapang dan Lega

Wajib baca buat kamu yang sering merasa sumpek saat berada di kamar sendiri! Ada cara bikin kamar tidur jadi lebih lega lho.

Sering merasa sumpek di kamar sendiri? Atau kamar kelihatan penuh dan jadi nggak punya banyak space buat bergerak? Pasti nggak nyaman, ya. Padahal kamar tidur itu harus bisa jadi sebuah ruang yang membuatmu merasa nyaman dan tenang. Agar waktu istirahat kamu jadi lebih berkualitas.

Bisa jadi perasaan sumpek itu karena penataan di kamarmu yang sebenarnya kurang terorganisir saja. Ujung-ujungnya, kamu bakal menggunakan pendingin ruang atau AC selama seharian. Wah, kebayang deh tuh betapa borosnya energi listrik di rumah kamu. Supaya lebih hemat, yuk coba atur kembali penataan kamar tidurmu dengan cermat.

Sortir Barang

ikea-closet-makeover-we-urbanist

Masalah paling sering dihadapi wanita, terlalu sayang sama barang-barangnya sehingga maunya disimpan semua. Sah saja, tapi jangan sampai bikin penuh kamarmu sendiri. Lebih baik, barang-barang memorable dan collectible yang tetap mau kamu simpan, taruh di wadah besar dan simpan di dalam gudang atau area yang berbeda saja. Termasuk pakaian-pakaian kamu. Pokoknya benda-benda yang ada di kamar, cukup yang kamu gunakan sehari-hari dan bisa menunjang waktu istirahatmu.

Baca juga: 5 Spot yang Bisa Dimanfaatin Jadi Tempat Penyimpanan Sepatu

Menyimpan Secara Vertikal

DSC_1715

Ide ini tentu paling ampuh buat masalah storage atau penyimpanan. Karena, jika luas ruang tidurmu terbatas, maka penyimpanan harus memanfaatkan setiap spot vertikal yang ada. Jadi, kamu harus bisa memanfaatkan area dinding hingga setinggi plafon sekalipun. Bisa dengan pilih lemari pakaian yang tinggi, atau dengan menempel kayu-kayu ambalan di dinding atas untuk spot penyimpanan tambahan. Jadi nggak ada lagi deh, tumpukan-tumpakan barang di lantai kamarmu.

Jangan Halangi Bukaan

transitional-master-bedroom-with-cathedral-ceiling-wallpaper-and-accent-wall-i_g-ISt4rctr64tq141000000000-WpCbA

Yang dimaksud adalah, jangan sampai ada benda-benda besar (seperti lemari misalnya), yang diletakkan persis di depan pintu atau pun bidang jendela. Karena benda-benda besar tersebut tentu akan jadi penghalang sirkulasi udara, saat pintu dan jendela tersebut di buka. Jadinya pertukaran udara di kamarmu kurang baik, deh. Sementara kalau pertukaran udara di kamarmu baik, pasti ruang akan terasa lebih sejuk dan kamu bisa mengurangi penggunaan pendingin ruang.

Hindari Warna Gelap

sauder-challenge-10

Ibarat pakaian, jika melihat orang menggunakan baju dengan warna serba hitam, tentu terlihat lebih “panas” dan misterius bukan? Begitu juga halnya dengan aplikasi di ruangan, warna-warna gelap hanya bikin suasana kamarmu kurang nyaman dan terlihat lebih sempit. Sementara warna terang, akan membuat suasana ruang lebih adem dan bersih. Jadi batasi pemilihan warna-warna gelap untuk furnitur atau benda-benda utama di kamarmu, khususnya pada cat dinding, seprai dan gordin yang menutup jendela.

Material Lantai

Laminate-BalterioCottageOak_MB_0225

Kalau punya bujet, kamu bisa lho mengganti lantai kamar dengan bahan parket dari kayu asli, ataupun parket vinyl yang terbuat dari kayu olahan. Motif dan warna kayu yang bakal ada di kamarmu ini, tentu bakal bikin ruang kelihatan lebih adem dan memberikan sensasi pijakan yang lebih berbeda. Apalagi, bahan ini termasuk yang tahan lama dan mudah juga untuk dibersihkan. Untuk kamar tidur, tentu kamu bisa pilih motif dan warna yang lebih light, ya.

Kalau kamar lebih adem dan penyimpanannya lebih teratur, tentu kamu lebih nyaman berlama-lama di kamar sendiri bukan? Selamat beristirahat!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia