• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Beauty
  • >
  • 4 Alat Penting yang Harus Dipunya Kalau Mau Jadi Beauty Vlogger

4 Alat Penting yang Harus Dipunya Kalau Mau Jadi Beauty Vlogger

Oh, beberapa alat di bawah ini juga bisa kok kamu andalkan kalau mau jadi beauty blogger.

Setelah bahas apa saja yang harus kamu bisa kalau mau jadi beauty blogger, bahas alat-alat yang perlu dipunya kalau mau jadi beauty vlogger menarik juga. Hmm, bisa dibilang jumlah vlogger di Indonesia nggak sebanyak di luar sih, tapi sudah banyak kok yang awalnya blogger juga memutuskan untuk jadi vlogger dan bikin tutorialnya di YouTube. Misalnya saja Lizzie Parra, Sasyachi, dan masih banyak lagi. Oh, ada Rachel Goddard yang awalnya makeup artist terus juga jadi beauty vlogger malah.

Nah, pengin tahu alat-alat apa saja sih yang perlu dipunya biar videonya jadi kelihatan lebih keren? Tenang, kami sudah ngumpulin pernyataan banyak vlogger, termasuk Michelle Phan(!) tentang essential tools yang wajib dipersiapkan sebelum syuting. Simak ya.

Lighthing

Kalau menurut Michelle Phan yang dikutip dari thefashionista.com, untuk jadi seorang beauty vlogger harus investasi di lighting baik. Itu kuncinya. Jadi nggak masalah sebenarnya mau syuting pakai kamera apa juga—bahkan kata Michelle, kamera iPhone sekalipun nggak masalah, asal lightingnya oke, video kamu juga bakal kelihatan oke.

Nah, pernah lihat videonya beauty vlogger Kathleen Lights? Beberapa kali videonya bocor dan kelihatan deh jenis lampu yang dipakai beauty vlogger yang kini ngeluarin koleksi liquid lipstick sama brand Ofra Cosmetics ini. Lampu model ring atau yang lebih keren disebut ring light.  

A photo posted by @spectabilis_ on

“Ring light dasarnya memang bagus buat syuting macro kayak syuting untuk beauty tutorial. Lampunya punya karakter smooth dan silky, jadi akan kelihatan bagus di kulit manusia. Arah cahayanya lebih menyebar, nggak cuma di satu spot saja. Si ring light ini juga bakal kasih efek lingkaran putih di bola mata karena biasanya diletakkan di depan wajah persis. Jadi kelihatannya lebih hidup matanya di kamera,” kata Rio, videographer salah satu majalah online yang sudah sering banget bikin video beauty tutorial.

Oh, kalau mau yang murah dan nggak perlu beli, letakkan saja kameramu di membelakangi jendela di rumah. Jadi kamu bisa manfaatkan cahaya natural dari sinar matahari. Bagus juga hasilnya! Beberapa beauty blogger juga sering juga bilang ke followers-nya soal hal ini.

Baca Juga: Oh, Para Beauty Blogger Lagi Kasih Rekomendasi Parfum Paling Oke, Nih!

A video posted by Rachel Goddard (@rachgoddard) on

Kamera

“Kamera yang sekarang dipakai itu Sony A5000 tapi lensanya dari kamera lama Sony NEX3. Pertimbangannya, karena dari dulu sudah pakai Sony dan buat video sudah punya aksesorisnya, baterai cadangannya juga punya. Secara kualitas bagus, walaupun fokusnya rada lama. Cuma karna sudah terbiasa jadinya sudah nyaman aja,” kata beauty vlogger Rachel Goddard.  

Ternyata, beda orang, beda juga kamera yang dipakai. Kalau Rachel pakai Sony A5000, ada beauty vlogger Janine Intansari yang sekarang masih cinta sama kamera Samsung-nya. “Kamera yang sedang kupakai sekarang adalah pocket digicam Samsung WB250F. Ini kamera pertama hasil jerih payah kerja sendiri. Still low quality but untuk sekarang kalau video pakai itu. But aku lg planning untuk beli Canon G7X untuk shooting tutorialKalau untuk foto, sudah upgrade jadi FujifilmXA2. Tapi kamera ini nggak bagus sama sekali untuk shooting, nggak bisa fokus dengan baik,” kata Janine.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Kamera Mirrorless Pilihan Kami

A photo posted by Paige (@thefemtrooper) on

Mic

Kamera dan laptop jaman sekarang sih memang sudah dilengkapi dengan bulit-in mic untuk ngomong langsung ke depan kamera. Tapi, kalau menurut Michelle Phan (dikutip dari sini), disarankan untuk menggunakan mic tambahan yang bentuknya USB atau snowball mic untuk menghindari echo saat recording di dalam ruangan. Penting banget supaya hasil suaranya jernih juga!  

Software

Nah, kalau kamera, suara, dan lighthing sudah oke, saatnya mengedit video kamu! Yang satu ini adalah skill yang wajib banget kamu kuasain kalau mau jadi beauty vlogger. Edit video di sini maksudnya bukan cuma pakai aplikasi buat edit video di smartphone, tapi yang lebih advance lagi.

Kalau kamu pakai MAC, ada iMovie yang bisa kamu andalkan untuk edit video kamu. Atau kamu bisa coba Final Cut Pro yang lebih kasih pilihan editing lebih beragam lagi. Apapun software yang kamu pakai, pastikan semuanya o-ri-gin-nal. Orang yang profesional cuma pakai produk original. Jadi jangan sampai kamu marah foto atau videomu digunakan orang tanpa ijin terlebih dahulu, kalau kamu mengeditnya saja pakai software bajakan. Sama-sama nggak profesional ya nggak boleh marah dong.

Oh, sebagai tambahan, edit video kamu dengan durasi yang pas. Saran kami sih, jangan lebih dari 10 menit karena orang gampang bosan. Apalagi kalau kamu pemain baru di dunia pervloggeran ini. Mending edit video sekitar 5-7 menit saja. Toh sekarang saja video makeup tutorial di Instagram cuma 15 detik tapi sudah bisa diikuti juga kan? Percepat yang nggak perlu.

Wah, jadi panjang banget ya artikelnya? Haha! Nggak masalah, selama kamu bisa menangkap semuanya untuk gimana jadi beauty vlogger yang baik dan profesional. Happy vlogging!

Photo Credit: news.2tech.xyz

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza