• Home
  • >
  • Buzz
  • >
  • Panduan Aman Olahraga di Malam Hari Setelah Buka Puasa

Panduan Aman Olahraga di Malam Hari Setelah Buka Puasa

Pilihan olahraga di malam hari tidak kalah beragam. Mulai dari fitness di gym, yoga, lari bareng komunitas, atau night ride bareng geng sepeda.

Supaya lebih khusyuk berpuasa, ada sebagian dari kamu yang akhirnya memilih malam hari, selepas buka puasa sebagai pilihan buat berolahraga. Tujuannya tentu sama, supaya tetap bugar dan konsisten menjalani rutinitas olahraga. Pilihan olahraga di malam hari tidak kalah beragam. Mulai dari fitness di gym, yoga, lari bareng komunitas, atau night ride bareng teman-teman geng sepeda.

Sebenarnya olahraga di malam hari bisa membantu tidur nyenyak dan mencegah risiko serangan panas matahari (heat stroke), yaitu ancaman ketika berolahraga saat panas terik. Tapi, bagaimana supaya aman menjalani olahraga selepas buka puasa, setelah seharian berpuasa? Belum lagi sering ada cerita kalau olahraga malam hari sangat berisiko. Yuk cari tahu lebih jauh sambil konsultasi dengan Adianti Reksoprodjo, Crossfit L1 trainer, Prenatal & Postnatal Certified Trainer, dan Ace Youth Fitness Specialist.

A post shared by Adianti Reksoprodjo (@adianti) on

Benarkah olahraga di malam hari berisiko pada jantung? Karena sering ada cerita orang meninggal selepas olahraga di malam hari.

Olahraga1ByPexels

Nah, pada dasarnya sih menurut dokter-dokter terjadinya serangan jantung malam hari ini ga ada kaitannya sama olahraga. Namun, kembali lagi ke tubuh kita masing-masing.

Kalau kamu memang sudah aktif dan terbiasa berolahraga, seharusnya aman-aman saja. Mungkin yang harus diperhatikan, jika tidak biasa berolahraga malam hari, jenis dan intensitas olahraganya juga harus disesuaikan sama kondisi dan kemampuan tubuh. Jika memang tidak rutin, pilihan olahraga yang aman dan santai. Jangan lupa, wajib dimulai dan diakhiri dengan pemanasan dan pendinginan yang benar

Apa sisi positif dari tetap menyempatkan diri untuk berolahraga di malam hari, selepas buka puasa?

Tentunya karena berkomitmen untuk tetap berolahraga selama puasa. Banyak, lho orang yang memilih stop sama sekali selama bulan puasa. sedangkan, ketika kita stop berolaraga selama sebulan, itu sama saja kita akan kehilangan 3 months worth of training. Kan rugi ya? Jadi, sebenernya berpuasa kalau memang kondisi memungkinkan, tetap sempatkan untuk berolahraga.

Rambu-rambu apa yang wajib dilakukan jika mau berolahraga selepas buka puasa?

Tentunya body awareness harus ditingkatkan. Pastikan badan masih terasa segar ketika mau berolahraga.

Jika mau berolahraga setelah buka, sebaiknya ketika buka jangan diisi makanan yang berat. Bisa dengan makan pisang dan teh manis lebih dulu. Lalu 30 menit kemudian mulai berolahraga. Dan setelah olahraga baru makan yang berat.

Olahraga apa yang disarankan tetap dilakukan selama bulan puasa? Berapa lama durasi dan frekuensinya?

Easy cardio, dan light resistance training sangat mungkin dilakukan ketika puasa. Saya pribadi biasanya akan berolahraga menjelang buka puasa. Durasinya 30 menit saja cukup. Tapi kembali lagi, ke keinginan dan kemampuan masing-masing, lebih senang sebelum atau sesudah puasa.

Jangan lupa untuk olahraga kamu wajib pakai sepatu olahraga dan smartwatch kekinian yang tepat. Dan pastinya tampil cantik selalu wajib hukumnya. Itu sebabnya kamu wajib lakukan ritual kecantikan ini.

Mau produk yang bikin kamu ekstra stylish? Padukan kaos YovisAdidas Tights, dan sepatu olahraga Locus.

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza