• Home
  • >
  • Buzz
  • >
  • Kutipan Surat-Surat R.A. Kartini yang Sangat Menginspirasi

Kutipan Surat-Surat R.A. Kartini yang Sangat Menginspirasi

Banyak pemikiran R.A. Kartini yang selalu menginspirasi kita, untuk memperingati Hari Ibu Kita Kartini mari kita renungkan pesannya untuk para perempuan Indonesia

Sejak kecil, kita sudah mengenal sosok R.A. Kartini. Banyak dari kita mengetahui bahwa Kartini terkenal dengan buku yang ia tulis “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Sebenarnya Kartini tidak menuliskan buku itu, melainkan  sahabatnya J.H. Abendanon yang menyusun semua kumpulan surat R.A. Kartini dan menjadikannya buku dengan judul Door Duisternis Tot Licht yang berarti Habis Gelap Terbitlah Terang.

Pernahkah kita merenungkan dan mereflesikan pemikiran R.A. Kartini melalui surat-surat yang ia kirimkan kepada para sahabatnya di Belanda? Apa pernah kita sekadar membaca buku habis gelap terbitlah terang untuk mengetahui salah satu perempuan Indonesia yang penuh inspiratif ini? Setiap tanggal 21 April, seringkali hari Kartini diperingati dengan perayaan memakai kain kebaya, batik, ataupun bersanggul sebagai wujud penghargaan untuk ibu kita Kartini. Tetapi wujud penghargaan tidak hanya sampai situ saja, kamu juga bisa membaca surat-suratnya. Dengan itu mungkin bisaa membukakan mata kita dengan sosok Kartini muda yang begitu hebat bisa mengeluarkan pemikiran kuat pada era yang jauh dari kata modern.

Pasti sebagian dari kamu berpikir, mengapa tidak Cut Nyak Dien atau Dewi Sartika? Kartini berjuang untuk membela kaum perempuan Indonesia tidak melalui cara perang atau fisik. Ia melakukan cara yang modern seperti menulis surat, menulis kolom di surat-surat kabar Belanda, hingga ia akhirnya disorot oleh pemerintah Hindia-Belanda. Ia juga sangat dihargai sebagai sosok berpengaruh di Belanda, bahkan di sana ada jalan dengan nama Kartini. Perempuan asala Jepara ini hanya bisa sekolah hingga umur 12 tahun,  di masa mudanya ia telah menuangkan pemikiran gemilang yang memengaruhi banyak orang. Hebat ya?

Dalam memperingati hari ibu kita Karini, kita baca sepenggal surat-surat penuh inspirasi dari pemikiran ibu Kartini yuk! Dijamin kamu pasti akan terkesan dengan R.A. Kartini yang bisa menulis banyak hal di masa mudanya!

Aku Mau!

2

 

Sikapmu Sendiri

1

Jangan Mengeluh

 3

Tersenyum

4

Ibu dan Pendidik Anak Pertama

5

Terus Bermimpi

6

 

Mengucapkan Terima Kasih

7

Wanita Sepenuhnya

9

 

Dosa Atas Agama

10

 

Sangat menginspirasi bukan kalimat-kalimatnya? Kamu pasti terkagum ketika membacanya, apalagi Kartini sudah bisa berpikir kritis sejak ia umur 17 tahun. Dan ia wafat ketika melahirkan anak pertamanya di umur 25 tahun. Mari kita realisasikan pemikiran-pemikiran berani Kartini. Selamat memperingati hari Kartini!

 

Categorised in:

This post was written by Kak Moza