• Home
  • >
  • Buzz
  • >
  • Tepat Jam 03.22 WIB Esok Hari, Saksikan Gerhana Bulan Total Terlama di Abad 21!

Tepat Jam 03.22 WIB Esok Hari, Saksikan Gerhana Bulan Total Terlama di Abad 21!

Fenomena langka Blood moon datang lagi, jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikannya ya!

Setelah fenomena Super Blue Blood Moon di bulan Januari lalu, fenomena Blood Moon atau Gerhana Bulan Total terjadi kembali! Tepatnya esok hari di jam 03.22 WIB kita bisa langsung menyaksikan fenomena langka tersebut di langit Indonesia. Lain dari biasanya, menurut penafsiran National Aeronautics and Space Administration (NASA), gerhana bulan total kali ini mempunyai durasi paling lama sepanjang abad ke-21, yaitu 103 menit. Butuh 115 tahun untuk menyaksikannya lagi, kalau kalian ketinggalan, siap-siap menunggu pada tanggal 9 Juni 2123 mendatang.

Gerhana bulan terjadi ketika Matahari, Bumi dan Bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Untuk fenomena yang terjadi esok pagi, kita akan menyaksikan gerhana bulan total positif dimana bulan akan melalui titik pusat daerah umbra yang mengubah warna bulan menjadi merah darah. Inilah yang membuat gerhana bulan total sering disebut sebagai blood moon.

Menurut peta gerhana bulan total yang dirilis Space.com, wilayah yang dapat mengamati secara penuh dari durasi gerhana bulan total selama 1 jam 43 menit tersebut hanya beberapa belahan dunia saja, yaitu: sebagian besar benua Afrika (terutama sisi timur), Timur Tengah, Asia Selatan, dan benua dekat dengan Samudera Hindia. Dekat dengan Samudera Hindia, kita dapat menikmati gerhana bulan total ini hampir di seluruh wilayah Indonesia. Wah beruntung yaa!

Dirilis dari situs resmi BMKG, kita bisa mulai mengamati perubahan bulan dari jam 00.13 WIB dan berakhir di jam 06.30 WIB. Blood moon akan terlihat sempurna di jam 03.22 tepatnya di puncak gerhana pagi ini. Bukan hanya fenomena gerhana bulan total, langit juga akan dihiasi oleh hujan meteor Aquarid selatan dan terlihatnya planet Mars dengan jelas.

Jadi, kurang apalagi? Siapkan dirimu untuk menyaksikan fenomena langka di abad 21 ini, jangan sampai ketinggalan!

 

This post was written by Kak Moza