• Home
  • >
  • Buzz
  • >
  • A Chat With
  • >
  • Dian Sastrowardoyo: Berbagi Cerita Tentang Cintanya pada Kain Sumba

Dian Sastrowardoyo: Berbagi Cerita Tentang Cintanya pada Kain Sumba

Dian Sastrowarrdoyo ternyata cinta banget sama kain Sumba. Mix and match yang tepat bakal bikin kamu super keren saat pakai.

Aktris ini selain aktingnya memukau saat main layar lebar, juga selalu menunjukkan aksi sosial dan cinta tanah air. Belum lama ini Dian, yang termasuk seleb yang semakin cantik dalam balutan busana tradisional, menggelar pameran foto, video dan instalasi kain tenun tradisional Sumba, demi menggalang dana untuk Wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Bertajuk ‘Lukamba Nduma Luri-Benang Yang Memberi Ruh, Kain Yang Memberi Hidup’, pameran ini berawal dari kecintaan Dian terhadap kain Sumba. Lalu Dian tergerak untuk melakukan kegiatan sosial yang dapa membantu masyarakat setempat. Terutama dalam masalah pengadaan air bersih.

Nggak cuma menggelar pameran, menurut Dian, memakai kain Sumba dalam berbusana, juga jadi aksi nyata melestarikan warisan budaya nusantara. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang kain Sumba sama Dian, termasuk urusan mix and match yang keren buat pakai kain Sumba.

Alasan suka kain Sumba

“Karena kain Sumba proses pembuatannya rumit sekali dan panjang. Saat melihat sehelai kain Sumba artinya saya menghargai sebuah proses panjang. Suka bentukannya, saya juga suka banget tampilannya yang keren banget, Indonesia sekali. Negara lain nggak ada yang bisa bikin begitu. Pokoknya, prosesnya perlu saya kasih apresiasi.”

Mix and match yang cocok dan stylish buat pakai kain Sumba

“Kain Sumba adalah kain tradisional, nah banyak anggapan kalau kain tradisional cuma bisa digunakan pada saat-saat acara adat, atau upacara perkawinan yang sangat tradisonal, atau buat momen resmi. Saya merasa tertantang untuk bisa mengulik padu padan yang keren buat pakai kain Sumba, sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, yang lebih casual. Saya sudah coba mix and match pakai tshirt, pakai jeans yang di luarnya dilapis sumba pendek sebatas lutut, seperti rok. Pastinya bisa jadi ide tampil ngikutin trend layering yang sekarang lagi in.”

Motif kain Sumba favorit Dian


“Ada banyak banget pilihan motif, warna, dan teknik kain Sumba. Kembali ke selera masing-masing pemakainya. Ada yang suka kain multi warna dengan paduan ikat (teknik ikat) dengan pahikung (berbentuk songket). Ada juga yang lebih senang sama kain dengan paduan warna monokromatik. Kalau saya lebih memilih kain dengan paduan warna yang jarang, misalnya biru dan abu-abu. Pokoknya kalau ke Sumba, jangan ragu pindah-pindah ke beberapa desa biar puas lihat macam-macam variasi kain Sumba.”

Pasti kamu langsung ingin koleksi dan pakai kain Sumba, biar bisa tampil stylish dan anggun seperti Dian Sastrowardoyo. Tapi jangan lupa kalau kamu berniat koleksi, wajib tahu juga perawatannya, supaya kain kamu tetap cantik. Nah, buat kamu yang belum sempat pergi ke Sumba bisa pakai aksesori dengan sentuhan kain Sumba yang ada di MatahariMall. Ada kalung bergaya etniktas dengan aplikasi kain Sumba, dan bandana keren.

Baca Juga 5 Desainer Lokal Internasional yang Pakai Kain Tradisional Indonesia buat Koleksinya

Categorised in: ,

This post was written by Prita Apresianti