• Home
  • >
  • Buzz
  • >
  • Cuma Anak Kost yang Bisa Sahur Begini, Cek 5 Resep Gampangnya!

Cuma Anak Kost yang Bisa Sahur Begini, Cek 5 Resep Gampangnya!

Nasib anak kos saat ramadan identik dengan menu makan sahur karena keluarga yang jauh

Oke mungkin bagi kalian yang anak kos sedikit tenang dulu, memang gambar kover artikel ini  seakan hanya fatamorgana belaka. Jangan putus asa, sebenarnya semua bisa kamu buat asal kreatif. Ramadan memang momen paling ditunggu para umat muslim. Tapi bagi anak kos, masakan ibu di rumah cuma menjadi khayalan. Tuntutan harus irit karena bayar sewa kos, listrik, atau laundry membuat kamu harus putar otak untuk memilih lauk sahur. Sebenarnya bisa kok makan mewah saat sahur. Cobain aja cari berikut, perut kenyang dompet tak akan melayang.

Telur Dadar

shutterstock_1020320284

Selain mengandung protein, kalsium, dan asam amino, telur dadar menjadi menu pilihan paling praktis. Membuatnya cukup mudah, campurkan telur ayam dengan garam, lada, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah lalu dikocok lepas, semakin berbusa semakin empuk nantinya. Kemudian panaskan minyak goreng. Goreng adonan tersebut selama beberapa menit dengan api kecil dan jangan lupa dibalik. Jika kamu menyukai pedas, tambahkan saja bawang merah.

Mac & Cheese

shutterstock_557403061

Buat kamu yang bosan makan nasi, bisa coba buat mac & cheese nih. Beli aja mac & cheese  kemasan yang buatnya lebih praktis dan anti ribet. Cukup rebus makaroninya, tiriskan dan campurkan bubuk, aduk merata.  Jangan lupa minum air putih yang banyak yah!

Baca juga: Resep Es Kepal Milo yang Lagi Viral

Abon

shutterstock_664532701

Menu paling praktis sepanjang masa adalah abon dan nasi panas. Abon merupakan makanan awet dan lama banget basinya. Cukup simpan dalam wadah tertutup atau packaging yang telah kamu tutup rapat kembali. Masak beras dalam rice cooker agar saat kamu bangun, nasinya telah matang. Kalau kamu tidak punya rice cooker, cukup beli saja nasi panas dekat kos. Saat ini sudah banyak varian rasa abon, mulai dari runa, lele, daging ayam, sapi, hingga udang.  Kamu juga bisa loh buat sushi dengan abon, tinggal beli rumput laut aja.

Roti Kornet

shutterstock_267905723

Ingin kenyang lebih lama? Kamu bisa manfaatkan dapur kos untuk membuat roti gandum bakar. Tambahin kornet dan keju biar lebih kenyang. Agar makin sehat kamu bisa tambahkan sayur-sayuran seperti selada. Kalau mau sedikit lebih ribet, kamu bisa tambahkan kentang goreng.

Baca juga: 3 Aplikasi Oke untuk Rekomendasi Buka Puasa

Nasi + Kerupuk + Kecap

shutterstock_693264853

Telat bangun dan keburu imsak? Yaudah mau gimana lagi, tapi jangan pasrah dan nggak makan yah! Sahur adalah inti dari puasa. Cukup makan kerupuk ditambah kecap aja. Oke ini memang bukan makanan mewah, cuma kamu harus jaga kesehatan dan makan agar puasa kamu lancar. Jangan lupa sebelum tidur kamu sudah harus siapkan nasi dan kecap. Nasi + kecap + kerupuk adalah penyelamat anak kos paling terakhir, kamu juga bisa bereksperimen dengan menambahkan saus sambal jadi manis-manis pedas deh.

Gimana sudah siap untuk bereksperimen menyiapkan santap sahur? Kamu bisa berhemat dengan beli bahan-bahannya di MatahariMall.com. Lagi banyak diskon loh, cukup duduk manis dan tak perlu mengantri bayar di kasir.

 

Categorised in:

This post was written by Kak Moza