• Home
  • >
  • Buzz
  • >
  • Cara Gampang Membuat Kopi Sempurna dengan Manual Brewing

Cara Gampang Membuat Kopi Sempurna dengan Manual Brewing

Mulailah dari biji kopiterbaik dan segelas air.

Setelah meminum kopi di sebuah kafe, pasti kamu cukup tertarik membuat kopi yang sama untuk menemani santai saat waktu pekan. Selain menghemat uang jajan, kamu juga bisa berkesperimen sekaligus membuatkan kopi spesial buat orang tersayang loh. Membuat kopi memang tidak semudah yang dibayangkan dan butuh beberapa waktu untuk menyempurnakan teknik pembuatannya. Rasa yang dihasilkan biji kopi memang sangat beragam, karena sesuai dengan hasil roasted, dimana pohon kopi ditanam, dan berbagai faktor lainnya. Selain rasa pahit, kopi juga bisa menghasilkan rasa cokelat, buah-buahan, bahkan wine. Ada beberapa poin penting yang perlu kamu ketahui nih tentang segelas kopi, simak terus yah!

Baca Juga: Ngopi Sambil Traveling di Kebun Kopi

Arabica vs Robusta

Banyak orang yang lebih memilih arabica dibanding robusta karena karakter rasanya yang lebih kaya. Arabica juga banyak dinikmati tanpa perlu menggunakan gula karena memiliki kandungan gula lebih tinggi daripada robusta. Kopi robusta memiliki rasa yang lebih kuat, pahit, dan kasar. Sedangkan arabica memiliki banyak aftertaste rasa seperti buah-buahan, kacang, ataupun coklat. Sedangkan robusta hanya memiliki rasa kacanga-kacangan. Kandungan kafein pada robusta dua kali lebih banyak daripada arabica, sehingga robusta terasa lebih pahit dibanding arabica.

shutterstock_566212843 (1)

Baca Juga: 4 Coffee Shop di Jakarta Paling Enak Menurut Food Blogger

Roasting/Pemanggangan:

Ada beberapa jenis roasting yang memengaruhi rasa kopi; seperti light jenis roasting ini umumnya lebih disukai sebagai varietas kopi yang rasanya ringan ,tidak berminyak, dan rasanya cenderung asam. Lalu medium roasted yang mempunyai rasa lebih kuat dan dark roasted yang terasa lebih pahit serta biji yang berminyak.

shutterstock_537872170 (1)

Baca Juga: 4 Waktu yang Tepat Untuk Minum Kopi

Manual Brew

Nah untuk membuatnya, ada banyak teknik yang bisa kamu coba nih:

French Press: Teknik penyajian paling gampang nih yang patut dicoba, french press berbentuk gelas dengan alat penekan di bagian tutup gelas. Caranya cukup diamkan kopi kurang lebih 4 menit lalu tekan bagian atasnya secara perlahan hingga ampas kopi tertekan di dasar gelas.

Pour Over: Jika kamu penyuka kopi dengan rasa lebih lembut, coba gunakan teknik pour over atau V60 yang berbentuk corong gelas berbentuk . Waktu penyeduhannya sekitar 1-2 menit dengan meletakkan V60 (yang sudah ada kertas filter) di atas cangkir. Jangan lupa tuang air panasnya menggunakan teko dengan gerakan memutar.

Aero Press: Cara kerja alat ini seperti suntikan, cukup tekan kopi yang sudah diberi air panas sehingga tersaring dalam cangkir.

Chemex: Berbentuk teko besar yang mirip dengan bentuk jam pasir, rasio yang digunakan ialah 1/14 atau 1 gr kopi dengan 14 ml air atau 10 gr untuk satu cangkir kopi. Tekniknya sama dengan V60 yah!

Vietnam Drip: Biasa disebut kopi tetes Vietnam, dengan cara menuangkan bubuk kopi dan air panas ke dalam drip lalu menunggu kopi tersebut menetes ke cangkir yang diletakkan di bawah vietnam drip. Jika kamu ingin bereksperimen lebih kamu bisa mencoba gunakan alat manual brew lainnya yang lebih rumit!

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi untuk Jantung dan Gigi

Nah ini dia cara mudah untuk membuat kopi hitam dengan nikmat, jangan lupa siapkan buku dan camilan favoritmu yah!

Sources_ http_%2F%2Fwww.ncausa.org%2FAbout-Coffee%2FHow-to-Brew-Coffeehttp_%2F%2Fcoffee-brewing-methods.com%2F (2)

Categorised in:

This post was written by Kak Moza